Sabtu, 19 Desember 2009

Potensi Wisata Cianjur Belum Tertata Optimal

Potensi objek wisata di Kabupaten Cianjur cukup banyak, tersebar di berbagai daerah. Namun besarnya potensi tersebut belum bisa dimanfaatkan secara optimal. Padahal jika mendapat sentuah tambahan bisa mengundang wisatawan lebih banyak lagi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Cianjur Himam Haris, tidak memungkiri bahwa saat ini banyak potensi objek wisata, mulai daratan, perairan, dan pegunungan belum mendapat sentuhan. Objek wisata itu, baru sebatas potensi belum mendapat penanganan maupun penataan dengan kendala bervariasi.

"Memang kalau potensi banyak, tapi belum punya daya tarik karena belum tersentuh penataan. Tapi yang sudah menjadi objek wisata dan memberikan kontribusi pendapatan, baru empat lokasi yaitu Cikundul, Jayanti, Cibodas, dan Jangari," katanya.

Dikatakan saat ini pihaknya tengah melakukan inventarisasi, termasuk penataan kawasan yang sudah ada. Langkah itu dilakukan mengacu pada akan keluarnya anturan tentang standarisasi objek wisata yang akan dikeluarkan pusat. "Kami juga melihat masih ada objek wisata yang belum sesuai dengan sapta pesona, ini akan dilakukan penataan lagi," ujarnya.

Diakui Himam, kedala yang dihadapi dalam mengembangkan objek wisata cukup beragam. Mulai dari anggaran, hingga kondisi infrastruktur maupun fasilitas di lokasi. Demikian pula dengan infrastruktur pendukung lainnya menuju lokasi, seperti jalan.

Himam mengungkapkan, sedikitnya ada dua target potensi objek wisata yang akan dikembangkan, yaitu penataan wisata geografi dan Cilincing kebun cokelat. "Untuk wisata geografi kerja sama dengan Pemkot Bandung didukung Pemprov Jabar dengan kereta wisata targetnya bisa terealisasi 2010. Sedangkan objek wisata di Cilingcing - Kebun Cokelat di kawasan Jangari, baru ada investor yang minat dan masih kajian," jelasnya. (A-116/A-147)***

Sumber :
http://122.200.145.230/index.php?mib=news.detail&id=95936
2 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar