Sabtu, 19 Desember 2009

Profil Kabupaten Cianjur


Kabupaten Cianjur merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Ibukotanya adalah Cianjur. Wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Purwakarta di sebelah utara, Samudera Hindia di sebelah selatan, Kabupaten Sukabumi di sebelah barat, serta Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut di sebelah timur. Secara administratif kabupaten ini terbagi menjadi 26 kecamatan dengan Cianjur sebagai ibukota kabupaten.

Sebagai salah satu lumbung padi di Jawa Barat, Cianjur identik dengan nama Pandan Wangi. Trademark yang kondang sejak tahu 1973 ini membawa Cianjur semakin harum namanya di pasaran beras lokal, nasional, maupun internasional. Padi Pandan Wangi sebagian besar dihasilkan di Kecamatan Warungkondang, juga di Kecamatan Cugenang dan Cibeber. Padi Pandan Wangi hanyalah sebagian kecil dari produksi padi Cianjur. Wilayah Cianjur Tengah misalnya, khususnya di Kecamatan Kadupandak dan Pagelaran, juga menjadi salah satu pusat produksi padi. Untuk komoditi lain selain padi terdapat juga hasil pertanian tanaman palawija, sayuran, buah, dan tanaman hias.
Di sektor industri, sebagai daerah agraris, Kabupaten ini berkeinginan menjadi salah satu pusat agrobisnis dan pariwisata di Jawa Barat. Dengan sumber daya manusia yang ada Cianjur mulai membuka pusat perdagangan pertanian. Kecamatan Cikalongkulon, misalnya, akan dijadikan pusat bisnis pisang, kemudian Pacet sebagai pusat bisnis hortikultura. Sementara di wilayah selatan akan dibangun pusat pengembangan ternak potong.

Letak setrategis sebagai lintasan Jakarta-Bogor-Sukabumi-Bandung membawa keberuntungan tersendiri bagi Cianjur.Tersedianya sarana dan prasarana transportasi dan perhubungan yang cukup memadai memberikan kemudahan dalam mendistribusikan dan mengembangkan akses pasar produk unggulan Kabupaten Cianjur.

Pertumbuhan pembangunan wilayah Cianjur Utara begitu pesat. Di kawasan Puncak sampai ke pusat Kota Cianjur, semakin menjamur rumah mewah sebagai second home masyarakat luar Cianjur, hotel, dan restoran. Di setiap musim liburan dan akhir pekan masyarakat dari luar membanjiri Cianjur. Banyaknya pendatang selaku konsumen, memacu kreativitas penduduk untuk berdagang hasil pertanian dan kerajinan tangan semisal manisan, taoco, dan lentera gentur.

Wilayah Cianjur Selatan juga cukup memiliki potensi di sektor pariwisata, salah satunya adalah pantai dengan panjang 75 kilometer yang masih asri. Keindahan alam perbukitan dengan hamparan kebun teh juga mewarnai pemandangan di kanan dan kiri jalan berliku-liku menuju wilayah selatan, tepatnya di Kecamatan Sukanagara dan Pagelaran.


Sumber Data:
Jawa Barat Dalam Angka 2007
(01-7-2007)
BPS Provinsi Jawa Barat
Jl. PHH Mustapa No. 43, Bandung 40124
Telp (022) 7272595, 7201696
Fax (022) 7213572

Sumber :
http://regionalinvestment.com/sipid/id/displayprofil.php?ia=3203

2 komentar:

  1. Pemda Cianjur masa akan datang harus memiliki forum Reforma Agraria yang langsung dikoordini oleh Bupati. Anggota forum yang punya keperdulian dengan Reforma Agraria Daerah Cianjur. Dan punya jejak kerja - kerja reforma agrari secara mandiri antara 10 s/d 15 tingkat lokal atau tingkat nasional. Dan bukan aktifis partai. Tim ini kerja secara sukarela anggota antara 5 sampai 9 orang. Berkerja secara mandiri untuk membatu Bupati Cianjur dalam kebijakan pengembangan Kedaulatan Desa

    BalasHapus
  2. PERUMAHAN GRAND CAMPAKA RESIDENCE
    Type 27/60
    DP 2,5 jt
    booking kapling 1 jt , angsuran 800 rb an
    Depan polsek campaka, sukajadi.
    Dery
    Hub :085814136535
    WA :085814136535

    BalasHapus